Candi Prambanan, Wisata Sejarah Candi 1.000 Arca Paling Populer di Dunia

Rate this post

Yogyakarta merupakan salah satu tempat yang menyediakan beragam jenis tempat wisata. Hampir setiap tahun kota ini selalu ramai oleh para wisatawan. Bukan hanya wiswatan domestik saja melainkan wisatawan mancanegara juga banyak yang singgah ke kota yang dijuluki sebagai kota pelajar ini.

Destinasi wisata yang disediakan pun juga sangat beragam mulai dari wisata alam, sejarah hingga wisata budaya. Nah kali ini kami akan mengajak sobat traveller semuanya untuk melihat wisata sejarah candi Prambanan yang ada di Yogyakarta.

Sejarah Candi Prambanan

Wisata-Candi-Prambanan-instagram-@jogjajateng
Wisata Candi Prambanan – instagram-@jogjajateng

Candi Prambanan ini adalah sebuah candi Hindu paling besar yang ada di Indonesia serta Asia Tenggara, candi yang akrab dengan sebutan Roro Jonggrang ini dibangun pada tahun 850 Masehi oleh Wangsa Sanjaya.

Sejak tahun 1991 lalu, candi Prambanan ini sudah ditetapkan sebagai cagar budaya dunia dengan demikian maka keberadaannya harus dilidungi. Terkit denga  tingginya Candi Prambanan ini memiliki tinggi kurang lebih 47 meter.

Sejarah-Candi-Prambanan-instagram-@riskadwiyanna
instagram-@riskadwiyanna

Terkait dengan penyebutan Roro Jonggrang ini dilatarbelakangi oleh sebuah legenda yang sampai sekarang masih diyakini oleh masyarakat Jawa. Dalam legenda tersebut diceritakan jika seorang pangeran yang bernama Bondowoso telah jatuh cinta kepadanya.

Nah usut punya usut sang puri Roro Jongrang ini tidak kuasa untuk menolah cintanya, hingga akhirnya dia mengajukan syarat untuk dibuatkan candi dengan jumlah arca sebanyak 1.000 arca selama satu malam saja.

Deskripsi-Candi-Prambanan-instagram-@syachillahsq_
instagram-@syachillahsq_

Bondowoso akhirnya menyanggupi permintaannya sehingga dalam satu malam suntuk ia membuat arca tersebut. Ketika sudah memasuki candi yang 999, Roro Jonggrang meminta bantuan warga untuk menumbuk padi sebagai pancingan agar ayam jantan mau berkokok sehingga menandakan pagi telah tiba.

Baca juga  30 Tempat Wisata di Batu Malang TERBAIK 2018 yang Wajib Dikunjungi!

Mengetahui kalau dicurangi, Bondowoso pun mengutuk Roro Jonggrang hingga akhirnya dia menjadi arca yang ke 1.000 di Candi Prambanan .

Harga Tiket dan Jam Buka Candi Prambanan

Jika ingin berkunjung ke Candi Prambanan ini maka kamu hanya butuh merogoh uang sebesar Rp 40.000 . adapun jika mengajak anak-anak maka cukup merogoh uang sebesar Rp 20.000.

Adapun untuk turis asing dewasa dikenakan biaya sebesar USD 18 dan untuk turis asing yang masih anak-anak hanya USD 8. Bagaimana murah bukan harga tiket masuknya?

Jam-Buka-Candi-Prambanan-instagram-@roccocantis
instagram-@roccocantis

Terkait dengan jam bukanya, anda bisa berkunjung setiap hari dari jam 6 pagi hingga jam 5 sore, hari libur nasional tetap buka kecuali hari raya Nyepi.

Lokasi dan Rute Menuju Candi Prambanan

Terkait dengan lokasinya, Candi Prambanan ini secara administratif dibagi dalam dua wilayah, yaitu wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta serta wilayah Kabupaten Klaten, Jateng. Untuk akses lokasinya cukup mudah karena Candi Prambanan ini berada di pinggir jalan raya Yogyakarta-Solo.

Letak-Candi-Prambanan-instagram-@_dianhdyt
instagram-@_dianhdyt

Jika menggunakan kendaraan pribadi, anda dapat berangkat dari pusat kota Jogja atau Malioboro, yang mana hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk bisa sampai ke Candi Prambanan ini.

Untuk rutenya, dimulai dari Malioboro-Jl Solo- Gapura perbatasan DIY dan Jateng. Dari titik perbatasan ini silahkan anda maju kurang lebih sejauh 500 meter dengan melewati pertigaan lampu merah pertama kemudian akan terlihat kompleks Candi Roro Jonggrang pada bagian kiri.

Baca juga: Daftar Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Sedangkan jika berangkat dari Solo, maka bisa mengambil jalur raya Solo-Klaten saja, dengan ini maka anda bisa langsung bertemu dengan situs Candi Prambanan dengan waktu tempuh selama 1 jam perjalanan saja.

Baca juga  Harga Tiket Masuk The World Landmarks Merapi Park Jogja JULI 2018

Jika anda berangkat dari pusat kota Yogyakarta maka bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi atau bisa dengan menggunakan Trans Jogja dengan biaya sangat terjangkau yaitu berkisar Rp 3.000 hgingga Rp 4.000 saja.

Bagaimana menarik bukan? Yuk segera agendakan wisata anda ke Candi Prambanan.

Tags: