15 Tempat Wisata di Lombok TERBAIK 2018 yang Wajib Dikunjungi!

Rate this post

Daftar Destinasi Wisata di Lombok Paling PopulerLombok, yang sempat ramai diperbincangkan akan menjadi salah satu keajaiban dunia, memang sepantasnya mendapat gelar tersebut, sebab tidak hanya karena keberadaan komodo liarnya, tapi juga keindahan tempat wisata  yang dilengkapi oleh fasilitas berupa resort.

Meskipun sudah mendapat pengakuan sebagai salah satu jargon tempat wisata di Indonesia, ​Lombok tidak serta merta mengubah wilayah menjadi semodern mungkin.

Selain resort modern, terdapat juga penginapan sederhana yang tetap memertahankan konsep tradisional. Untuk mencapai Lombok dapat melalui jalur laut, udara, dan darat baik menggunakan pesawat ataupun mencoba liburan bacpacker. Keduanya worth to try, untuk menjadi suatu pengalaman baru.

  1. Gili Trawangan

Tempat-Wisata-Lombok-Gili-Trawangan
Tempat Wisata Lombok Gili Trawangan

Terletak di pulau Lombok bagian barat, Gili trawangan adalah pantai berpasir putih bersih dan berair biru jernih. Meskipun pada awalnya Gili Trawangan bukanlah merupakan tempat wisata di Lombok, kini Gili Trawangan bagaikan magnet yang terus menarik peminat hampir setiap minggunya.

Baca juga: Daftar Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi

Di Gili Trawangan, aktivitas yang dapat dilakukan di antaranya adalah snorkeling. Gili Triwangan kaya akan bebatuan karang yang begitu cantik tertutup air laut. Di sini terdapat banyak resort dan bar serta restaurant, namun tidak jarang ketika musim liburan, resort tersebut kehabisan room untuk wisatawan.

  1. Pendakian Gunung Rinjani

pendakian-gunung-rinjani

Gunung Rinjani, gunung berapi tertinggi nomor dua di Indonesia ini juga tak kalah dengan pemandangannya yang begitu epic. Sehingga tidak jarang, wisatawan mengandalkan Gunung Rinjani sebagai salah satu destinasi wisata di Lombok selain pantai. Dari atas Gunung Rinjani, kita akan disuguhi pemandangan danau yang biru pekat memesona.

Gunung Rinjani, bagi masyarakat lokal adalah pemberian dari Dewa, sehingga sampai saat inipun masyarakat lokal senantiasa menjadikan Gunung Rinjani sebagai objek tempat wisata di Lombok yang sakral.

  1. Tanjung Ringgit

tanjung-ringgit-kabupaten-lombok-timur-nusa-tenggara-barat-83672

Bayangkan meloncat beban ke lautan dari tebing tinggi. Kurang lebih, itulah aktivitas ekstrem yang bisa dilakukan di Tanjung Ringgit, sebuah kawasan yang dikelilingi oleh hutan lindung.

Baca juga  32 Tempat Wisata di Sumatera Utara TERBAIK 2018 yang Wajib Dikunjungi!

Mungkin bagi para pengidap phobia ketinggian, aktivitas ini sangat mengerikan, sehingga alternatif lainnya adalah cukup bersantai menikmati pemandangan surga yang dititipkan Tuhan di bumi. Tanjung Ringgit berada di Jetowaru, Kabupaten Lombok Timur tepatnya di jalan Lingkok Siwaq.

  1. Taman Wisata Pusuk Sembalun

taman-wisata-pusuk-sembalun-kabupaten-lombok-timur-nusa-tenggara-barat

Walau kesannya hanyalah spot untuk berfoto, taman wisata ini secara alami memberikan background pemandangan yang sangat legit. Hijaunya pegunungan yang menyegarkan mata, adalah salah satu alasan taman wisata ini diandalkan oleh wisatawan yang datang sekeluarga.

Banyak tempat foto yang menarik seperti balkon kayu di atas tebing, dan lain-lain. Seperti namanya, tempat wisata di Lombok timur ini berlokasi di Sembalun.

  1. Gili Meno

gili-meno-island-lombok-indonesia

Masih sekeluarga dengan Gili Trawangan dan Gili Air, Gili Meno memiliki ciri khas yang mampu menarik perhatian wisatawan. Di tengah pulau kecil ini terdapat danau bulat melebar sehingga menjadikan pulau Gili Meno berbentuk cincin.

Garis pantai Gili Meno yang melingkar lantas menjadikannya sangat unik sehingga banyak wisatawan yang mengandalkan garis pantai ini sebagai tempat snorkeling. Apabila memulai snorkeling dari suatu titik dan mengikuti garis pantai, wisatawan akan kembali ke titik semula yang mana memudahkan mereka untuk mengeksplorasi lautan.

  1. Lingkoq Datu, Pantai Penyisok

lingkoq-datu-pantai-penyisok-lombok

Hampir mirip dengan Tanjung Ringgit, Lingkoq Datu berlokasi di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Bedanya, di Lingkoq Datu wisatawan tidak akan menemukan pohon hijau melainkan padang berpasir berwarna cokelat keemasan.

Bila berada di ujung tebing dan menebar pandangan, maka sejauh-jauh mata memandang hanya akan melihat Samudera Hindia terbentang bebas. Karena keindahannya yang menghipnotis, Lingkoq Datu kini menjadi buah bibir banyak orang.

  1. Jembatan Gantung Kuno

jembatan-gantung-kuno-lombok

Tidak hanya memiliki pantai, wisatawan dapat memilih kawasan wisata yang mengandung sejarah. Jembatan Gantung Kuno yang usianya sudah melebihi 80 tahun ini adalah peninggalan Belanda pada masa penjajahan.

Baca juga  16 Tempat Wisata di Jawa Timur TERBAIK 2018 yang Wajib Dikunjungi!

Berdiri 100 meter di atas permukaan sungai, jembatan ini kini hanyalah digunakan sebagai tempat wisata di Lombok selain pantai ataupun tempat nongkrong. Padahal, potensi yang dihasilkan seperti aset pembelajaran sejarah sangat besar. Jembatan Gantung Kuno ini terletak di daerah Gerung, Lombok.

  1. Pantai Tanjung Bloam

pantai-tanjung-bloam-kabupaten-lombok-timur-nusa-tenggara-barat

Konservasi penyu, bebatuan raksasa, dan ombak besar adalah ciri khas dari Pantai Tanjung Bloam. Tempat wisata di Lombok yang jarang dikunjungi  ini akan menciptakan rasa memiliki wilayah privat bagi para wisatawan, mengingat tempatnya yang sepi dan masih sangat alami.

Bila mau sabar dan dipengaruhi faktor keberuntungan, wisatawan bisa bertemu langsung dengan penyu-penyu manis yang akan naik ke daratan sejenak. Lokasi pantai ini adalah Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur.

  1. Pantai Tangsi

pantai-tangsi-kabupaten-lombok-timur-nusa-tenggara-barat

Berada di pantai dengan pasir putih sudah biasa, tapi bagaimana bila pasirnya berwarna pink? Hasil dari pencampuran pasir asli dengan serpihan terumbu karang berwarna merah dengan tambahan sinar bias matahari menjadikan pantai ini begitu unik dan mengundang decak kagum.

Bilai hari sudah sore, maka perpaduan warna pink dan ungu akan menyelimuti pantai ini. Bagi para fotografer profesional atau sekedar pecinta estetika, tentu tempat ini adalah wajib hukumnya untuk dikunjungi.

  1. Air Terjun Penimbungan

air-terjun-penimbungan-lombok

Menumpahkan derasnya air dari ketinggian 75 meter, membuat air terjun ini nampak seperti gaun putih panjang. Diapit oleh tebing hijau, air terjun ini berlokasi tepatnya di Gunung Rinjani.

Ada dua cara untuk menikmati air terjun ini. Berdiri langsung di bawah pancuran airnya, atau mendaki selama beberapa jam ke atas untuk menonton keindahannya dari tebing yang lebih tinggi.

  1. Air Terjun Benang Kelambu

air-terjun-benang-kelambu-kabupaten-lombok-tengah-nusa-tenggara-barat

Tidak jauh dari air terjun sebelumnya, air terjun Benang Kelambu juga bersumber dari Gunung Rinjani. Air terjun ini tampak anggun, terlihat dari bentuk fisiknya yang berupa tirai besar yang terbelit tanaman gantung. Meskipun untuk sampai di sini membutuhkan kesabaran selama di perjalanan, hasil yang akan didapat tidak akan mengecewakan.

  1. Gili Kedis

gili-kedis-sekotong-lombok-barat

Pulau kecil yang tidak berpenghuni, menjadikannya tempat yang cocok untuk wisatawan yang suka menyendiri. Suasananya sepi, hanya ditemani ikan-ikan mungil dan tanaman yang menyejukkan, cocok sekali untuk menikmati keindahan alam dalam ketenangan.

Baca juga  Pantai Trisik, Destinasi Wisata Pantai di Kulon Progo Yogyakarta

Gili Kedis sendiri masih bersaudara dengan Pulau Gili lainnya, hingga lokasinya tidak berjauhan. Meskipun cantik, Gili Kedis dianggap sebagai salah satu spot wisata tersembunyi di Lombok karena banyak wisatawan yang tidak tahu eksistensinya.

  1. Danau Segara Anak

gambar-danau-segara-anak-lombok

Inilah danau di tengah-tengah Gunung Rinjani. Menyambangi dan piknik di sekitar danau ini selama berada di Gunung Rinjani akan mengangkat kita ke surga dunia berikutnya. Meskipun menyandang suasana mistis dan memiliki beberapa mitos masyarakat lokal, Danau Segara Anak tetap menjadi tujuan favorit di Gunung Rinjani.

  1. Kota Tua Ampenan

kota-tua-ampenan-lombok

Tempat wisata yang satu ini merupakan sebuah tempat wisata sejarah berupa gedung-gedung tua yang saat ini masih terjaga dengan baik di Lombok, di kota tua Ampenan ini anda dapat menyaksiakan betapa megahnya gedung-gedung tua yang berarsitektur klasik dan terlihat begitu elegant.

Kota Tua Ampenan ini juga sempat menjadi kota paling ramai di Lombok, dan juga menjadi pelabuhan utama yang berada di Lombok.

  1. Mataram Mall

mataram-mall-kota-mataram-nusa-tenggara-barat

Mataram Mall ini cocok sekali bagi anda yang suka berbelanja, tempat wisata yang berada di Jl. Pejanggik, Cakranegara, Kota Mataram ini menjadi salah satu pusat perbelanjaan berbagai macam jenis barang yang dapat kamu temukan dan juga harganya sangat terjangkau.

Tags: