16 Tempat Wisata di Jawa Timur TERBAIK 2018 yang Wajib Dikunjungi!

Rate this post

Daftar Destinasi Wisata di Jawa Timur Paling Populer ~ Terkenal dengan kuliner yang pedas gurih, Jawa Timur merupakan provinsi terbesar pertama di Pulau Jawa. Kurang lebih terdapat 38 kota dan kabupaten di Jawa Timur, dan hampir setiap kota tentunya memiliki beberapa yang wajib dikunjungi.

Contohnya, Lumajang. Daerah ini ternyata memiliki banyak pantai yang menarik meskipun belum banyak orang ketahui.

Sedangkan untuk versi populer, puncak Bromo lah yang menempati salah satu anak tangga tertinggi di daftar kami. Untuk mengetahui referensi destinasi wisata terbaik yang ada di Jawa Timur, langsung saja simak list selengkapnya di bawah ini!

  1. Pantai Godeg (Tulungagung)

Pantai-Godeg-Tulungagung-Tempat-Wisata-Jawa-Timur
Pantai Godeg Tulungagung, Tempat Wisata Jawa Timur

Membuka daftar dengan kawasan seindah Pantai Godeg, Tulungagung. Pantai ini berair biru jernih dengan ombak yang merayu, tebing bebatuan yang menjulang, serta pasir yang putih bersih.

Banyak yang tidak tahu bahwa pantai seperti ini ada di Kabupaten Tulungagung tepatnya di Desa Ngrejo, Tanggunggunung, sehingga menjadikannya sebagai tempat wisata di Jawa Timur yang belum terkenal.

  1. Pantai Bambang (Lumajang)

pantai-bambang-lumajang-2

Destinasi wisata selanjutnya berada di Lumajang, tepatnya di Pesirian, yaitu pantai Bambang yang memiliki keunikannya sendiri.

Di saat sunset, perpaduan di antara langit ungu dengan cahaya matahari yang berwarna jingga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang bertandang.

Sedangkan bebatuan kecil di pantai perlahan tampak seperti siluet yang menambah keindahan pemandangan.

  1. Pantai Ria Kenjeran (Surabaya)

Pantai-Ria-Kenjeran-surabaya-2

Gradasi warna biru tua, biru muda, jingga, oranye, dan ungu di langit memberikan kesan mewah dan aestetik pada pantai di Surabaya ini.

Sebagai salah satu tempat wisata pantai Jawa Timur yang berada di pusat kota, Pantai Ria Kenjeran mendapatkan atensi yang cukup dari pengurus sektor pariwisata.

Terdapat jembatan panjang yang mengarah ke tengah lautan pantai. Di ujung jembatan, dua bungalo berdiri di ujung sebagai tempat singgah dan spot memandang keindahan alam di Pantai Ria Kenjeran.

  1. Curug Lawe (Kendal)

Curug-Lawe-kendal

Deras air tumpah membasahi tebing tinggi, dan melewati tanaman gantung yang memecah alirannya, membuat Curug Lawe tampak seperti petir.

Dikelilingi tanaman rambat tinggi yang menyatu dengan tebing, Curug Lawe memantulkan sinar matahari yang membuat daerah sekitar tampak cerah dan menyenangkan untuk dikunjungi.

Curug Lawe sendiri berlokasi di Kendal, Jawa Timur.

Baca juga: Daftar Tempat Wisata Indonesia Terindah

  1. Curug Sewu (Kendal)

Curug-Sewu-kendal

Untuk berada sangat dekat dengan curug ini, butuh perjuangan sebab, harus melewati ‘pagar’ alami yang membentang memutari curug Sewu.

Meski begitu, walau dari jauh pun pemandangan yang ada tidak mengecewakan sama sekali. Tumpahan air yang ditarik gravitasi akan memberi rasa dingin pada wisatawan.

Sama dengan Curug Lawe, Curug Sewu berlokasi di Kendal, Jawa Timur.

  1. Bukit Teletubbies (Bromo)

Bukit-Teletubbies-Bromo

Salah satu tempat wisata di  Gunung Bromo ini dinamai bukit teletubbies karena bentuknya. Perbukitan ini tergolong luas dan ditutupi oleh hamparan rerumputan yang berwarna hijau keemasan sebab bantuan sinar matahari.

Saat ini, Bukit Teletubbies masuk ke dalam tempat wisata di Jawa Timur yang terkenal dan lagi hits.

  1. Padang Pasir Berbisik (Bromo)

Padang-Pasir-Berbisik-Bromo

Jutaan jejak kaki terekam di Padang Pasir Berbisik. Bentang padang pasir yang sangat luas ini berlokasi di Bromo, dan juga merupakan salah satu tempat wisata favorit di Bromo.

Dinamai Padang Pasir Berbisik sebab pasirnya akan mengeluarkan suara desisan bila tertiup angin. Untuk sampai di sini, wisatawan harus menyewa jeep yang akan membawa mereka tour di Bromo.

  1. Air Terjun Madakaripura (Probolinggo)

Air-Terjun-Madakaripura-Probolinggo

Berdiri di atas ketinggian 200 meter, air terjun Madakaripura ini ‘terbagi’ menjadi 4 kucuran air deras yang tumpah.

Wisatawan asing maupun lokal sering bertandang dan bermain air di antara 4 kucuran ini. Lokasi air terjun ini sendiri berada di Probolinggo dan masih menjadi bagian dari Gunung Bromo.

  1. Pemandian Kalireco (Malang)

Pemandian-Kalireco-Malang

Seolah berada di kolam renang alami, pemandian ini memiliki 4 air terjun kecil yang akan menjadi ‘shower’ bagi wisatawan yang singgah di sini.

Pemandian ini tidak begitu luas namun airnya cukup mencapai pinggang orang dewasa. Pemandian Kalireco termasuk ke dalam tempat wisata di Kabupaten Malang yang wajib dikunjungi.

  1. Wisata Air Krabyakan (Malang)

Wisata-Air-Krabyakan-Malang

Masih berlokasi di Malang dan masih merupakan pemandian umum, wisata air Krabyakan mirip dengan danau alami, hanya saja sudah mengalami perbaikan tempat.

Tempat pemandian ini cocok untuk anak sebab tidak begitu dalam, sedangkan airnya walaupun tidak begitu biru tetap jernih dipandang mata.

  1. Gunung Kelud (Kediri)

Gunung-Kelud-Kediri

Sebagai gunung berapi yang masih aktif, salah satu tempat wisata di Jawa Timur, Kabupaten Kediri ini menjadi primadona di kalangan wisatawan.

Mendaki ke gunung ini maupun melewati jalanan beraspal, berarti bisa secara langsung melihat asap panas dengan ketinggian 1000 meter di udara.

  1. Air Terjun Dolo (Kediri)

Air-Terjun-Dolo-Kediri

Meski terkesan ‘kurus’, air terjun Dolo menjadi salah satu objek wisata di Kediri yang ramai dikunjungi. Air terjun ini meluncur deras ke bawah melewati tebing batu di belakangnya.

Memang tidak sebesar air terjun pada umumnya, namun tidak ada salahnya mengunjungi air terjun yang ‘berbeda’.

  1. Air Terjun Pletuk (Ponorogo)

Air-Terjun-Pletuk-Ponorogo

Berlokasi di Ponorogo, air terjun ini tampak besar dan tinggi bagaikan raksasa. Melihatnya dari bawah tidak akan bisa sampai pada ujung atas air terjun sebab air terjun ini berbentuk seperti perosotan.

Terdapat tikungan yang tidak tajam yang mengarahkan air turun ke bawah.

  1. Air Terjun Sunggah (Ponorogo)

Air-Terjun-Sunggah-Ponorogo

Air terjun Sunggah, benar-benar berwarna putih kebiruan. Biasan cahaya matahari membuat pinggiran dari air terjun ini nampak biru, namun bagian tengahnya putih bersih.

Air terjun ini dibentengi oleh batu-batu besar yang licin. Cukup tinggi dan lebat, air terjun Sunggah berlokasi di Ponorogo.

  1. Air Terjun Mlaten (Ponorogo)

Air-Terjun-Mlaten-Ponorogo

Berada di dalam goa raksasa, air terjun ini terlindungi dari sinar matahari kecuali melalui lubang besar di atas goa.

Untuk sampai dan mandi-mandi di air terjun Mlaten wisatawan harus melewati lorong goa yang seperti terowongan raksasa.

Sampai di dalam, telaga yang ada cukup aman untuk dijadikan tempat mandi-mandi. Air Terjun Mlaten, tempat wisata di Jawa Timur yang lagi hits ini berlokasi di Ponorogo.

  1. Batu Night Spectacular (Kota Batu)

Batu-Night-Spectacular-Malang

Terletak di Kota Batu, tempat wisata di Jawa Timur favorit ini buka dari sore hingga malam hari. Banyak arena permainan yang ditawarkan.

Wisatawan hanya perlu membeli tiket terusan, atau tiket masuk (apabila membeli tiket masuk akan membeli tiket bermain lagi di setiap arena di dalam). Di antara arena yang ada, terdapat sepeda gantung, rumah hantu, atau caraoussel raksasa.

Baca juga : Destinasi Wisata di Jawa Tengah

Bagaimana? Tidak sedikit kan yang bisa dikunjungi? Pilihan tempat wisata ada di tangan anda sendiri. Tentunya tempat wisata di atas akan membuat pengalaman berlibur menjadi lebih berkualitas. Selamat berlibur!

Pencarian Destinasi Terbaru

  • tempat wisata jawa timur murah
  • referensi tempat wisata alam di jawa timur
  • tempat wisata di jawa timur yang belum terkenal
  • wisata pantai jawa timur
  • jawa timur tempat menarik
  • tempat wisata jawa timur yang jarang dikunjungi
  • peta wisata jawa timur lengkap
  • surga tersembunyi jawa timur
  • keindahan wisata di jawa timur

Tags: