35 Tempat Wisata di Bogor Yang Paling HITS dan WAJIB Dikunjungi!

5 (100%) 7 votes

Daftar Destinasi Wisata di Bogor Yang Instagramable ~ Kota Bogor merupakan salah satu kota tujuan wisata yang paling digemari saat ini. Selain menawarkan cuaca yang sejuk dan wisata yang beragam, para pengunjung juga bisa menikmati wisata kuliner dan edukasi.

Bagi Anda yang ingin melakukan perjalan wisata, sebaiknya Anda berkunjung ke Bogor karena di sana terdapat banyak obyek wisata menarik yang bisa dikunjungi. Apa sajakah obyek wisata menarik yang ada di sana? Simak penjelasan 35 tempat wisata Bogor yang paling sering dikunjungi di bawah ini.

  1. Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

Tempat-Wisata-Bogor-Taman-Sakura-Kebun-Raya-Cibodas-instagram-@tuthy_bonbon
Tempat Wisata Bogor – Taman Sakura Kebun Raya Cibodas – instagram-@tuthy_bonbon

Jika selama ini Anda mengira kalau Pohon Sakura hanya bisa ditemukan di Jepang, maka Anda keliru. Buktinya, di Kebun Raya Cibodas, Anda dapat menemukan lebih dari 435 Pohon Sakura. Pohon Sakura ini akan bermekaran pada bulan Januari-Februari kemudian pada bulan Juli-Agustus.

Selain Pohon Sakura, di Kebun Raya Cibodas Anda juga bisa menyaksikan koleksi tanaman langka, pohon-pohon raksasa yang telah berusia sangat tua, lapangan rumput yang luas, rumah kaca, air terjun, air mancur dan kolam.

Tempat ini berlokasi di Sindanglaya, Cipanas, Cianjur dan untuk masuk ke dalam kebun ini, Anda harus membayar Rp9.500, harga yang sangat terjangkau apalagi jika Anda dapat membawa pasangan Anda untuk mengunjungi tempat ini dan menyenangkan mereka.

Karena keromantisan tempat ini, tidak heran jika banyak pasangan yang melakukan sesi prewedding di Kebun Sakura ini.

  1. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

pemandian-air-panas-tirta-sanita-ciseeng-instagram-@dimassaputra23
instagram-@dimassaputra23

Apakah Anda senang berendam di air panas? Jika iya, maka Kota Bogor merupakan destinasi wisata yang tepat untuk Anda kunjungi. Sebab, di kota tersebut terdapat

Lokasi pemandian air panas yang bernama Tirta Sanita Ciseeng yang terletak di Kecamatan Parung.

Kandungan belerang alami yang terdapat di Kolam Air Panas Tirta Sanita Ciseeng ini katanya mengandung belerang alami yang dipercaya dapat mengobati penyakit kulit maupun penyakit tulang.

Selain itu, air di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng juga dipercaya mengandung garam yang dapat menghaluskan kulit.

Selain pemandian air panas, Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng juga menyediakan aneka fasilitas permainan anak-anak, permainan outbound, becak mini, perahu dan aneka terapi tradisional seperti terapi ikan, bekam atau lintah.

Untuk masuk dan mencoba fasilitas ini, Anda tidak perlu merogoh kocek karena Anda hanya perlu membayar kurang dari Rp50.000 untuk seluruh fasiliats di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng.

  1. Pemandian Air Panas Ciparay

Pemandian-Air-Panas-Ciparay-instagram-@aji1213
instagram-@aji1213

Selain Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, di Bogor juga terdapat Pemandian Air Panas Ciparay yang berlokasi di Kawasan Taman Nasional Halimun, Kampung Ciparay, Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan.

Untuk sampai ke dalam tempat pemandian air panas ini, Anda harus melakukan trekking, di mana Anda akan melewati 400 anak tangga turun dan pada saat kembali dan mendaki 400 anak tangga tersebut pada saat Anda kembali.

Di lokasi Pemandian Air Panas Ciparay ini terdapat 2 kolam yang ukurannya tidak terlalu besar.

  1. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor

Penangkaran-Rusa-Cariu-Bogor-instagram-@discover.bogor
instagram-@discover.bogor

Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor sudah berdiri sejak tahun 1993. Meskipun sudah lama, tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung.

Tempat yang dulu dikenal dengan nama Penangkaran Rusa Cariu ini mempunyai luas area sebesar 5 hektar. Menariknya, di tempat ini Anda dapat berinteraksi dengan rusa dengan memberi makan serta berfoto ria dengan rusa-rusa tersebut.

Di tempat ini, Anda bisa menyaksikan aneka  jenis rusa, mulai dari Rusa Jawa, Rusa Cheetal dan juga Rusa Bawean.

Setelah puas bermain dan bercanda dengan rusa-rusa tersebut, pastikan Anda tidak melewatkan jembatan gantung yang terbentang di atas Sungai Cibeet, sebuah spot indah yang dapat dijadikan tempat foto.

Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor juga menyediakan wahana permainan outbound dan lapangan kemah yang kapasitasnya dapat mencapai 200 orang.

Bagi yang tertarik ingin mengunjungi tempat ini, silakan datang langsung ke Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari.

  1. Rumah Pohon & Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol

Rumah Pohon-dan-Jembatan-Kayu-Gantung-Curug-Ciherang-Jonggol-instagram-@thisisindonesia
instagram-@thisisindonesia

Seakan tidak mau ketinggalan dari kota-kota besar lainnya, Kota Bogor juga menyediakan gardu pandang atau rumah pohon bagi para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan alam sekitar yang demikian indah dan mempesona.

Curug Ciherang Jonggol terletak di Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur dan rumah pohon serta jembatan kayu berada di jalan masuk menuju Curug Ciherang.

Menariknya, untuk sampai ke rumah pohon tersebut, Anda harus berjalan di atas jembatan kayu dengan pemandangan alam berupa perbukitan hijau alami di sekitarnya yang demikian indah dan luar biasa.

Tentunya, karena rumah pohon ini berada di atas pohon besar dengan jurang dalam di bagian bawahnya, kehati-hatian harus selalu menjadi prioritas ketika Anda ingin berfoto atau membawa anak kecil.

  1. Goa Agung Garunggang

goa-agung-garunggang-sentul-bogor-jawa-barat-instagram-@listernapitupulu
instagram-@listernapitupulu

Goa Agung Garunggang  merupakan obyek wisata alam yang berlokasi di Karang Tengah 2, Babakan Madang, Sentul.

Karena keberadaan goa ini belum diketahui oleh banyak orang, sehingga belum banyak yang berkunjung ke sana dan nuanasa alaminya masih sangat terjaga. Di sekitar lokasi goa, terdapat banyak spot indah untuk foto, seperti bebatuan yang unik atau pepohonan yang rindang.

Para pengunjung yang ingin masuk ke dalam goa, mau tidak mau harus turun ke bawah karena goa ini terletak di bawah tanah. Di dalam goa tidak disediakan penerangan, karenanya Anda harus membawa senter Anda sendiri ketika masuk.

Ketika berada di dalam goa, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang begitu indah dan memukau. Stalaktit yangbegitu indah akan menyejukkan pandangan mata Anda dan membuat Anda merupakan rasa lelah yang sebelumnya dirasakan.

Untuk keamanan dan efesiensi waktu, Anda akan ditemani oleh jas pemandu yang disediakan di sekitar obyek wisata ini, sehingga Anda akan mengetahui tempat mana saja yang harus Anda kunjungi.

Tiket masuk ke dalam goa ini pun gratis, Anda hanya perlu membayar uang parkir dan tips kepada pemandu seikhlas Anda.

  1. Bukit Alesano

Bukit-Alesano-Bogor-Jawa-Barat-instagram-@explorebogor
instagram-@explorebogor

Setiap kota pegunungan tentunya memiliki suatu spot yang paling indah untuk melihat pemandangan kota di siang hari dan pemandangan bintang di langit malam hari.

Begitu pula dengan kota Bogor, salah satu spot yang paling indah di sini adalah Bukit Alesano.

Bukit Alesano terletak di Cipelang, Kecamatan Cijeruk. Bukit ini tergolong masih baru dan belum dikelola sehingga fasilitasnya masih kurang. Meskipun demikian, pemandangan alam yang ditawarkan adalah pemandangan yang sempurna.

Dari Bukit Alesano, Anda dapat melihat kemegahan Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak. Di malam hari, Anda akan melihat panorama langit yang dipenuhi bintang-bintang yang sangat indah.

  1. Gunung Pancar

Taman-Wisata-Alam-Gunung-Pancar-Sentul-Bogor-Jawa-Barat-instagram-@benidiktus_sarpumpwin
instagram-@benidiktus_sarpumpwin

Gunung Pancar merupakan sebuah tempat wisata yang menyajikan indahnya panorama alam bebas berupa hutan pinus alami serta pemandian air panas.

Di ketinggian sekitar 300 – 800 mdpl ini, Anda dapat menikmati pemandangan serta kesejukan udara yang tidak ada bandingannya.

Baca juga  De Mata Trick Eye Museum, Rasakan Sensasi Tipuan Mata Rasa 3 Dimensi di Jogja!

Selain menyaksikan pemandangan alam, di lokasi ini Anda juga bisa melakukan camping, hiking, jogging, downhill dan berkuda.

Jika Anda ingin menikmati pemandangan hutan pinus yang menjulang tinggi dan indah, maka tempat ini tentu saja merupakan pilihan yang sangat tepat bagi Anda.

  1. Curug Leuwi Lieuk

Curug-Leuwi-Lieuk-Sentul-instagram-@robi_juliansyah
instagram-@robi_juliansyah

Leuwi Lieuk, sebuah tempat wisata yang menawarkan keindahan alam kota Bogor. Dalam bahasa Sunda, ‘leuwi’ berarti lubuk atau bagian terdalam dari sungai.

Di lokasi obyek wisata ini Anda bisa menyaksikan sebuah kolam alami dengan warna air yang berwarna hijau tosca yang dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi.

Tempat ini masih sangat alami karena belum terlalu banyak yang mengetahui keberadaannya. Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, mau tidak mau Anda harus berenang melewati Leuwi Cepet kemudian trekking di tepi sungai sekitar 5 menit.

  1. Danau Quarry

danau-quarry-cigudeg-bogor-instagram-@viekymaulana
instagram-@viekymaulana

Danau ini terletak di Desa Tegallega, Kecamatan Cigudeg. Lokasi danau ini sangat indah dan memukau, sehingga sangat cocok dijadikan tempat berfoto dengan latar belakang air danau yang hijau.

Asalnya danau ini bernama Danau Jayamix Rumpin merupakan lokasi pertambangan pemecah batu untuk pembuatan beton. Ketika tambang ini ditutup karena dinilai mengganggu ketenangan warga setempat dan terbengkalai dalam waktu yang cukup lama, tempat ini lalu dijadikan semacam penampung air hujan selama bertahun-tahun dan akhirnya terbentuklah sebuah cekungan air yang tampak seperti danau alami.

  1. Danau Dora

Danau-Dora-Lipi-Cibinong-instagram-@verryes
instagram-@verryes

Danau Dora adalah nama untuk sebuah danau sederhana yang berlokasi di kawasan LIPI yang indah. Di dalam Danau Dora terdapat sebuah jembatan kayu yang cocok untuk dijadikan spot foto.

Berwisata ke danau ini tidak dipungut biaya alis gratis. Anda hanya perlu membayar uang parkir untuk kendaraan Anda.

  1. Curug Cilember

Curug-Cilember-instagram-@dianrositah
instagram-@dianrositah

Curug Cilember merupakan salah satu curug yang cukup terkenal di Kota Bogor. Keunikan dari curug ini adalah curug ini memiliki 7 lapis air terjun, yang mana 1 aliran sungai terbagi menjadi 7 aliran air terjun yang indah.

Dari ketujuh curug ini, Curug 7 Cilember adalah curug dengan pengunjung yang paling ramai dan paling mudah diakses. Sedangkan untuk mencapai curug keenam atau kelima, Anda membutuhkan perjuangan yang cukup sulit. Karenanya, kebanyakan memilih untuk bermain dan bersantai di curug ketujuh.

Curug Cilember ini terletak di Desa Jogjongan, Kecamatan Cisarua, dan untuk masuk ke dalam curug ini, Anda hanya perlu membayar Rp12.000 per orang.

  1. Curug Cibaliung

Curug-Cibaliung-instagram-@ayodolan
instagram-@ayodolan

Salah obyek wisata alam Kota Bogor yang mulai popular adalah Curug Cibaliung. Curug ini berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Madang, Sentul. Karena belum lama ditemukan serta lokasinya yang dalam menjadikan nuansa alami di sekitar tempat ini masih sangat terasa.

Curug Cibaliung adalah air terjun yang tidak terlalu tinggi dengan panorama alam di sekitarnya yang sangat indah, mulai dari bebatuan hingga pepohonan yang indah. Dijamin pengunjung bakalan betah berlama-lama di tempat ini.

Kejernihan dan kesegaran air Curung Cibaliung menyebabkan setiap orang yang datang berkunjung tidak bisa menahan diri untuk segera menceburkan diri ke dalam kolam air terjun tersebut untuk merasakan kejernihan dan kesegaran airnya.

Di lokasi Curug ini para pengunjung bisa menghabiskan waktu mereka dengan sekedar menikmati pemandangan alam sekitarnya, mengapung dan berenang, atau sekedar meletakkan badan di bawah air terjunnya untuk merasakan pijatan alami air terjun di tubuh.

  1. Curug Bengkok Leuwi Hejo

Curug-Leuwi-Hejo-instagram-@chanddavian97
Curug-Leuwi-Hejo-instagram-@chanddavian97

Curug Bengkok Leuwi Hejo yang seringkali disebut oleh masyarakat sekitar dengan nama Curug Leuwi Hejo ini merupakan destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh anak muda. Ciri khas dari curug ini adalah air kolamnya yang berwarna hijau tosca.

Meskipun air terjunnya tidak tinggi, tetapi keindahan yang ditawarkan oleh curug ini sangat indah dan memukau. Anda pun dapat menceburkan diri langsung ke dalam kolam untuk merasakan kesejukan air terjun ini.

  1. Curug Bidadari Sentul Paradise Park

Curug-Bidadari-Sentul-Paradise-Park-instagram-@kurniawan9253
instagram-@kurniawan9253

Curug Bidadari Sentul Paradise Park yang berlokasi di Desa Bojongkoneng, daerah Sentul City ini awalnya bernama Curug Bojongkoneng. Nanti setelah dikelola oleh Sentul Paradise Park, barulah nama air terjun ini berubah menjadi Curug Bidadari.

Curug Bidadari memiliki ketinggian sekitar 40-75 meter. Sumber airnya berasal dari  mata air hutan lindung yang terdapat di daerah tersebut. Tidak heran jika airnya sangat jernih dan segar.

Tepat di bawah Air Terjun Bidadari terdapat sebuah wahana permainan air atau waterpark seluas 6.000 meter persegi. Waterpark ini akan membuat Anda serasa di pantai dengan panjang 150 meter dan pantai buatan ini dilengkapi dengan pasir putih yang didatangkan langsung dari Bangka.

Di lokasi waterpark dilengkapi dengan fasilitas outbound, seperti flying fox dan perahu tangan. Karenanya, jangan heran jika tempat ini sangat ramai dikunjungi orang terutama di akhir pekan atau masa-masa liburan.

  1. Curug Hordeng

Curug-Hordeng-instagram-@zaenuri62
instagram-@zaenuri62

Obyek wisata ini dinamakan dengan Curug Hordeng karena benntuknya yang melebar mirip tirai atau gorden. Sebab, dalam bahasa Sunda, ‘hordeng’ berarti tirai.

Curug ini termasuk salah satu curug yang aman dijadikan tempat wisata karena tidak terlalu banyak batu curam disekitarnya.

Di lokasi Curug Hordeng ini Anda bisa menyaksikan air terjun yang sangat jernih. Oleh karena itu, Anda akan menemukan banyak pengunjung yang berenang atau bermain air di dalam kolam.

  1. Curug Cigamea

Curug-Cigamea-instagram-@indahnurfauzia27
instagram-@indahnurfauzia27

Curug Cigamea merupakan salah satu obyek wisata yang berlokasi di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan. Obyek wisata ini bisa dikatakan termasuk salah satu air terjun yang paling indah di Bogor. Uniknya, curug ini terdiri dari 2 air terjun yang serupa tapi tak sama.

Air terjun pertama memiliki ketinggian 50 meter dan berada di celah tebing, di mana aliran airnya terlihat seperti membelah batu lama yang berwarna hitam kecoklatan. Selain itu aliran airnya pun cukup deras dengan kolam air yang cukup luas serta warna air yang berwarna biru kehijauan pertanda ketinggian air cukup dalam dan cocok sebagai sebagai tempat berenang.

Di lain sisi, air terjun kedua ini memiliki ciri khas yang mana tebingnya curam yang berbentuk seperti dinding dan didominasi oleh bebatuan hitam.

Posisi air terjun kedua ini berada lebih dekat dengan pintu masuk Curug Cigamea. Kolam airnya tidak seluas dengan air terjun pertama dan tidak dapat digunakan sebagai tempat berenang. Jarak dari air terjun pertama dan kedua adalah sekitar 30 meter.

Bagi Anda yang ingin menikmati nuansa alam yang indah dan masih alami, sebaiknya Anda dapat mengunjungi tempat ini.

  1. Curug Nangka

Curug-Nangka-instagram-@meyyf
instagram-@meyyf

Curug Nangka merupakan sebuah air terjun yang berlokasi di kaki Gunung Salak. Curug yang hanya memiliki ketinggian sekitar 750 mdpl ini memiliki pemandangan air terjun yang demikian elok dan indah.

Lokasi Curug Nangka berada di Ciapus, tepatnya Desa Warung Loa, Kecamatan Tamansari dan di sekitar lokasi ini, terdapat 3 curug yaitu Curug Nangka, Curug Daun dan Curug Kawung.

  1. Curug Ciburial

Curug-Ciburial-instagram-@ikramdan
instagram-@ikramdan

Curug Ciburial yang juga dikenal dengan nama Curug Kembar Ciburial ini terletak di desa Cibeurem Sentul. Disebut dengan Curug Kembar karena di dalamnya terdapat 2 air terjun yang letaknya bersampingan.

Baca juga  Taman Pintar Yogyakarta, Wisata Edukasi Sambil Belajar Untuk Anak

Di lokasi ini Anda bisa menikmati pemandangan yang indah, air terjun yang segar, serta udara pegunungan yang sejuk.

Jika Anda berani, Anda pun dapat langsung menyeburkan diri dan berenang di dalam kolam air ini, tetapi ingat, curug ini memiliki aliran air yang cukup deras, sehingga Anda harus berhati-hati ketika berada di dalamnya.

  1. Istana Bogor

Istana-Bogor-instagram-@galeribogordotnet
instagram-@galeribogordotnet

Saat ini Istana Bogor sudah menjadi salah satu obyek wisata yang sangat diminati oleh para wisatawan yang datang berkunjung di di akhir pekan.

Bangunan yang berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda ini memiliki aneka koleksi barang seni antik di dalamnya. Karya-karya pelukis ternama seperti Makowski, Basuki Abdullah, dan Ernest Dezentje turut menghiasi dinding-dinding istana.

Keramik yang menghiasi lantai istana berasal dari Perdana Menteri Rusia Khrushchev dan menjadi perbendaharan keramik yang paling prestisius.

Lokasi Istana Bogor tidak jauh dari Stasiun Besar Bogor, hanya berkisar 500 meter saja. Anda bisa menuju ke lokasi dengan berjalan kaki. Di lokasi ini, Anda juga bisa memberi makan rusa-rusa mulai pagi hingga petang sembari menikmati megahnya bangunan Istana.

  1. Kebun Raya Bogor

Kebun-Raya-Bogor-instagram-@shandraaul
instagram-@shandraaul

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu pbyek wisata paling terkena di Kota Bogor. Letak obyek wisata ini di pusat Kota Bogor, sehingga selalu dipadati oleh para pengunjung yang berdatangan baik pada hari biasa maupun pada akhir pekan.

Di sini, Anda akan disambut oleh pemandangan kebun yang hijau serta udara yang segar yang dihasilkan dari 15.000 jenis pohon yang ditanam di sini.

Di dalam Kebun Raya Bogor ini, terdapat sebuah Museum Zoologi dan Anda pun dapat memberi makan rusa-rusa di kawasan Istana Bogor yang dekat dengan Kebun Raya Bogor tersebut.

  1. Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor

Taman-Safari-Indonesia-Cisarua-Bogor-instagram-@yogasyahlia
instagram-@yogasyahlia

Tentu saja nama Taman Sfari Indonesia tidak asing bagi kita. Sebab, kebun binatang yang menyimpan lebih dari 2.500 spesies satwa dunia dan terletak di Jalan Raya Puncak No 601 ini merupakan salah satu tempat wisata favorit bagi seluruh penduduk di Indonesia.

Bahkan, harga tiket yang mahal tidak menghalangi para pengunjung untuk berdatangan ke sana.

Taman Safari Indonesia menyediakan safari malam, sehingga para pengunjung bisa menyaksikan aktivitas hewan di malam hari dan juga hewan-hewan eksotis seperti burung hantu atau kelelawar yang aktif di malam hari.

Tentunya selain kedua program ini, terdapat program Baby Zoo, di mana Anda dapat melihat dan berinteraksi dengan hewan mungil yang sangat lucu.

Anda pun dapat melakukan berbagai kegiatan di dalam tempat wisata ini. Yang pertama adalah berinteraksi (memberi makan, mengelus atau berfoto bersama) dengan hewan yang hidup di habitat aslinya.

Di sini, para pengunjung bisa mengelilingi taman dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk menyaksikan denegan bebas kehidupan para satwa liar. Jika Anda tidak ingin menggunakan mobil, Anda pun dapat berkeliling dengan menggunakan kereta gantung.

  1. Taman Bunga Nusantara

Taman-Bunga-Nusantara-Puncak-Bogor-instagram-@dinasafri
instagram-@dinasafri

Taman Bunga Nusantara adalah obyek wisata yang berlokasi di Jalan Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur.

Di lokasi ini para pengunjung bisa menyaksikan indahnya aneka bunga yang berwarna warni serta tema unik yang terinspirasi dari kota-kota besar di dunia.

Selain menyaksikan keindahan pemandangannya, Anda juga bisa belajar tentang pelestarian bunga serta cara menanam bunga.

Di tengah Taman Bunga Nusantara ini, terdapat sebuah danau yang bernama Danau Angsa dimana di dalam danau ini terdapat 2 buah angsa, yaitu angsa putih dari Australia dan angsa hitam dari Eropa.

Selain Danau Angsa, Anda pun dapat berkunjung ke Secret Labyrinth, yaitu sebuah taman yang dibentuk seperti labirin dengan beberapa lorong buntu dan lorong berliku yang ada di dalamnya, sehingga Anda harus berusaha keluar dari lorong tersebut. Tentu saja terdapat pemandu yang dapat membantu Anda keluar dari Taman Rahasia tersebut. S

Di luar dari Danau Angsa dan Secret Labyrinth, ada pula rumah kaca, gazebo, serta amphitheatre yang dapat Anda kunjungi.

  1. Taman Wisata Matahari

Taman-Wisata-Matahari-Puncak-Bogor-instagram-@yunia_selistiani
instagram-@yunia_selistiani

Taman Wisata Matahari merupakan sebuah tempat wisata yangsangat diminati oleh  para wisatawan pada saat akhir pekan atau libur panjang. Pasalnya, di taman tersebut terdapat Taman aneka wahana permainan yang lengkap dan harga masuk yang murah.

Bayangkan saja, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 untuk hari biasa dan Rp15.000 untuk akhir pecan jika ingin masuk ke dalam Taman Wisata Matahari. Sangat murah bukan!

Harga tiket yang Anda bayar ini sudah termasuk wahana bermain seperti sepeda air, sepeda wisata, paddle boat dan perahu karet.

Dengan tiket masuk ini, Anda juga akan mendapatkan diskon 10% untuk makanan di food court Taman Wisata Matahari.

  1. Taman Buah Mekarsari

Taman-Buah-Mekarsari-Bogor-instagram-@yulialatifah
instagram-@yulialatifah

Taman Wisata Mekarsari adalah taman buah terbesar di Indonesia. Bayangkan saja, di taman wisata ini Anda bisa menemukan lebih dari 100.000 pohon dengan 1.470 jenis tanaman buah.

Dari segi edukasi sangat coock bagi anak-anak , karena mereka bisa mengenal sistem penanaman buah dan sayuran. Tidak hanya itu, anak-anak dapat mencoba untuk memetik buah mereka sendiri dan membawa pulang buah atau sayuran tersebut.

Taman Wisata Mekarsari tidak hanya mengusung tema edukasi, reboisasi dan konservasi, tetapi juga mengusung tema rekreasi.

Di sini, Anda dan keluarga dapat melakukan kegiatan outbound seperti banana boat, perahu bebek, floating donut dan aneka aktivitas wisata lainnya.

Jika Anda tertarik, maka segera kunjungi tempat yang berada di Jalan Raya Cileungsi, Jonggol KM 3, Cileungsi.

  1. Little Venice Kota Bunga Puncak Bogor

Little-Venice-Kota-Bunga-Puncak-Bogor-instagram-@nurulllf
instagram-@nurulllf

Kota Bunga merupakan sebuah komplek villa dan perumahan yang ada di daerah Puncak yang sudah terkenal dari dulu.

Little Venice sendiri adalah fasilitas baru yang dibangun di Kota Bunga ini. Obyek wisata ini berupa sebuah danau buatan yang dibangun menyerupai kota Venice di Italia. Penyerupaan dengan Kota Venice tidak hanya dari segi danaunya, tetapi juga dari segi bangunan dan pemandangan sekitarnya.

Di sini, Anda akan menemukan berbagai permainan, mulai dari sepeda untuk anak-anak, perahu bebek hingga gondola yang dapat Anda ayun sendiri.

Di sini pun, Anda dapat menikmati Mississippi Boat Ride, sehingga Anda dapat merasakan suasana naik ke atas kapal yang bernuansa Western.

Selain permainannya, Little Venice juga memberikan desain bangunan yang unik, di sini, bangunannya merupakan bangunan atau rumah khas dari berbagai negara, mulai dari Asia, Eropa, Amerika hingga Australia.

Selain wahana permainan yang menyenangkan dan bangunan khas yang unik, Little Venice juga menawarkan pemandangan bunga yang indah. Untuk berkunjung ke Little Venice, Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp20.000.

  1. Warso Farm

Warso-Farm-Bogor-instagram-@marksungkar
instagram-@marksungkar

Warso Farm atau yang juga dikenal dengan Kebun Durian Warso adalah nama untuk sebuah kebun yang dipenuhi dengan aneka pohon durian. Di lokasi ini Anda tidak hanya menyaksikan aneka pohonnya, Anda bahkan juga bisa mencicipi langsung durian-durian tersebut.

Baca juga  Candi Prambanan, Wisata Sejarah Candi 1.000 Arca Paling Populer di Dunia

Untuk menemukan Warso Farm dari jauh cukup mudah, Anda hanya perlu mencari buah durian raksasa. Anda pun tidak perlu khawatir kejatuhan durian karena setiap buah yang matang tersebut telah diikat dengan tali.

Jika Anda ingin mencicipi rasa durian Bogor, maka datanglah ke tempat ini untuk merasakan rasa durian yang otentik.

  1. Pasar Ah Poong

Pasar-Ah-Poong-Sentul-City-Bogor-instagram-@nightkid_av
instagram-@nightkid_av

Pasar Ah Poong merupakan obyek wisata berupa pasar yang mengambil konsep yang cukup unik yaitu pasar yang berada di atas perahu.

Di Pasar Ah Poong ini, Anda harus melakukan transaksi di atas perahu yang mengapung di atas Sungai Cikeas.

Kebanyakan yang dijual di sini adalah makanan ringan mulai dari negeri Indonesia hingga makanan mancanegara. Tidak hanya melakukan transaksi jual beli, Anda pun dapat merasakan naik perahu untuk berkeliling di kawasan ini.

Pasar Ah Poong ini berada di kawasan Sentul City dan beroperasi pada pukul 10 pagi hingga jam 10 malam.

  1. Rumah Air Bogor Nirwana Residence

Rumah-Air-Bogor-Nirwana-Residence-instagram-@riskawati06
instagram-@riskawati06

Rumah Air Bogor Nirwana Residence merupakan pusat kuliner di daerah Bogor. Di lokasi ini Anda bisa mencicipi makanan lezat khas Nusantara sembari bersantai di atas saung yang terletak di atas danau.

Menu makanan yang ditawarkan Rumah Air Bogor Nirwana Residence juga cukup beragam, mulai dari hasil laut hingga sayuran yang dimasak dengan bumbu khas.

Jika Anda berkunjung bersama anak-anak Anda, tentu saja are bermain di outbound atau wahana permainan yang sudah disediakan di lokasi ini akan menghibur mereka.

  1. Kampung Budaya Sindangbarang Tamansari

Kampung-Budaya-Sindangbarang-Tamansari-Bogor-instagram-@anggie_chintia
instagram-@anggie_chintia

Keragaman wisata di kota Bogor seakan tiada habisnya. Selain wisata alam yang indah dan wisata permainan yang menyenangkan, di Kota Bogor, tepatnya di di Jalan Endang Suma Wijaya RT. 02 RW. 08, Sindangbarang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Anda akan menemukan suatu hal yang sangat menarik yaitu Kampung Budaya Sindangbarang.

Ketika Anda memasuki Kampung Budaya Sindangbarang ini, Anda akan melihat suasana kampung tempo dulu dan 8 jenis kesenian budaya Sunda.

Di dalam Kampung Budaya Sindangbarang juga terdapat bukit-bukit Berundak, situs purbakala peninggalan Kerajaan Padjajaran.

Jika Anda beruntung, Anda juga dapat menyaksikan upacara adat Seren Taun yang dilakukan oleh penduduk setempat.

Aktivitas warga perkampungan yang dapat Anda saksikan di sini meliputi ibu-ibu yang sedang menumbuk padi di lesung, memasak dengan menggunakan kayu bakar dan hawu dan masih banyak lagi.

  1. The Highland Park Resort (Mongolian Camp Bogor)

The-Highland-Park-Resort-Bogor-instagram-@titipurmaduri
instagram-@titipurmaduri

The Highland Park Resort adalah hotel yang bertema unik, yaitu bertema kemah-kemah Mongolia. Di dalamnya disediakan akomodasi mewah, dimana Anda akan tidur di dalam sebuah tenda ala Mongolia dengan fasilitas lengkap di dalamnya, seperti sofa, tempat tidur, toilet dan pendingin ruangan, semuanya ada di dalam sebuah tenda.

Lokasi The Highland Park Resort ini cukup strategis karena berada di Jalan Curug Nangka Kampung Sinarwangi, Taman Sari, yang terletak dengan Gunung Salak dan Curug Nangka.

Selain strategisnya resort ini, Anda pun akan mendapatkan fasilitas lengkap, seperti arena bermain flying fox, berkuda, hingga fasilitas kolam renang.

Meskipun Anda harus membayar cukup mahal, tetapi untuk pengalaman unik dan menyenangkan menginap di tenda modern pastinya sebanding dengan besarnya biaya yang Anda keluarkan.

  1. Rafting Sungai Cisadane

Rafting-Sungai-Cisadane-Bogor-instagram-@dessyputri90
instagram-@dessyputri90

Arung jeram Sungai Cisadane merupakan salah satu tempat wisata yang cukup ramai pengunjung. Bagi pecinta tantangan, tempat ini tentu tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Sungai Cisadane sendiri terletak di Kecamatan Caringin dan membentang sepanjang 80 kilometer, mulai dari Kabupaten Bogor hingga Tangerang, Banten.

Di sini, Anda dapat mencoba arena rafting yang mudah (pemula) atau arena yang sulit (profesional). Biasanya satu kali track, Anda akan menghabiskan waktu selama 1,5 – 2 jam.

Selama track, mata Anda akan dibuat sejuk akibat suguhan panorama alam yang sangat indah serta udara yang sejuk dan alur arung jeram yang seru. Untuk mencobanya, Anda harus membayar sekitar Rp.200.000 hingga Rp.225.000.

  1. The Jungle Waterpark Adventure

The-Jungle-Waterpark-Adventure-Bogor-instagram-@sutrinn82
instagram-@sutrinn82

The Jungle Waterpark Adventure salah satu obyek wisata anak yang sangat popular di Kota Bogor. Di lokasi ini, Anda akan menemukan berbagai wahana permainan air yang populer, misalnya Slide Pool, Racer Slide, Kiddie Pool, Tube Slide, dan Spiral Slide. Tentunya permainan ini disesuaikan dengan keberanian masing-masing serta usia dari pengunjung.

Jika Anda lebih memilih untuk bersantai dan menikmati pemandangan, Anda dapat menikmati kolam renang Leisure Pool, sebuah kolam renang di mana di bagian tengahnya, Anda dapat menikmati makanan dan minuman.

Tidak hanya wahana permainan air, di sini, Anda pun dapat bermain di arena Fountain Futsal, menonton film di dalam sinema 4 dimensi yang merupakan teater dengan fasilitas 4 dimensi kedua di Indonesia, setelah Dufan, Ancol.

Di tengah-tengah di tengah-tengah waterpark Anda akan menemukan pohon kelapa yang sengaja ditanam sebagai bagian dari desain alam tropis dan alami dari obyek wisata ini.

The Jungle Water Adventure ini terletak di Jalan Bogor Nirwana Boulevard Dreded Pahlawan, Perumahan Bogor Nirwana Residence.

Untuk bisa menikmati aneka wahana permainan air di lokasi ini, Anda harus membayar tiket seharga Rp80.000 untuk hari biasa dan Rp95.000 untuk akhir pekan.

  1. Jungleland Adventure Theme Park

Jungleland-Adventure-Theme-Park-Bogor-instagram-@anastasiapang
instagram-@anastasiapang

Bagi anak-anak, Jungleland Adventure Theme Park  merupakan “surga” bagi mereka. Pasalnya, di lokasi seluas 35 hektar ini terdapat 31 wahana permainan di dalamnya dengan 4 tema yang berbeda, Mysteria, Carnivalia, Tropicalia dan Explora.

Tidak hanya wahana permainan seru, The Jungleland Adventure Theme Park juga menyediakan beraneka restoran dan café yang menyajikan kuliner khas Bogor dan internasional. Penasaran?

Jungleland Adventure Theme Park  berlokasi di Jungleland Boulevard No 1, Kawasan Sentul Nirwana.

  1. Fly Indonesia Paragliding

Fly-Indonesia-Paragliding-Bogor-instagram-@jeffrypriastono
instagram-@jeffrypriastono

Apakah Anda pencinta tantangan? Kalau iya, maka jangan sampai Anda melewatkan obyek wisata yang bernama Fly Indonesia Paragliding yang berlokasi di Jalan Raya Puncak KM 87, Bukit Paralayang, Puncak

Di lokasi ini, Anda dapat merasakan sensasi terbang dengan menggunakan paralayang dengan ketinggian 1,3 kilometer di atas permukaan laut. Tentunya, ada pula instruktur yang bisa menemani Anda jika Anda takut terbang sendiri.

Anda tidak perlu takut dengan keamanan dan peralatan yang digunakan untuk paralayang tersebut, karena cukup terjamin.

Untuk melakukan kegiatan ini, Anda harus membayar Rp350.000. Bagi Anda yang ingin bermain paralayang, pastikan sebelumnya Anda mengenakan pakaian yang nyaman serta mempersiapkan kamera untuk mengabadikan momen tersebut.

Baca juga:  Destinasi Wisata di Jawa Barat Yang Wajib Dikunjungi

Demikianlah informasi seputar 35 obyek wisata menarik di Kota Bogor yang perlu Anda ketahui. Jika Anda berencana untuk melakukan perjalanan wisata pada liburan mendatang, pastikan Anda memasukkan Kota Bogor sebagai salah satu destinasi wisata yang akan Anda kunjungi. Sekian.

Tags: