Benteng Vredeburg, Museum Bersejarah Menarik di Kota Jogja

Rate this post

Benteng Vredeburg Jogja ~ Berbicara mengenai tempat sejarah, kota pelajar satu ini menyimpan beragam tempat sejarah yang sangat beragam. Salah satu tempat sejarah yang wajib sobat kunjungi adalah Benteng Vredeburg Yogyakarta. Jika sobat sudah lama tinggal di Jogja maka sangat wajib untuk mengunjungi tempat sejarah satu ini.

Benteng Vredeburg ini merupakan sebuah museum yang merupakan saksi sejarah bangsa Indonesia. Bukan hanya itu saja, objek wisata yang ada di dalamnya juga sangat indah. Sempat muncul rumor di masyarakat jika benteng Vredeburg ini angker, terutama saat malam hari tiba. Akan tetapi rumor itu kalah dengan keindahan yang dimiliki Benteng Vredeburg itu sendiri.

Baca juga: Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Benteng Vredeburg memiliki diorama dan koleksi benda Museum yang cukup lengkap. Jika Anda memiliki hobi fotografi, maka destinasi wisata satu ini siap mengajak sobat untuk melukis cahaya dengan puas. Arsitektur bangunan model kolonial Belanda ini juga terlihat megah serta kokoh meskipun dalam beberapa kali pernah mengalami pemugaran.

Sejarah Singkat Tentang Benteng Vredeburg

Wisata-Sejarah-Benteng-Vredeburg-Yogyakarta-instagram-@ristuaseptauli
Wisata Sejarah Benteng Vredeburg Yogyakarta – instagram-@ristuaseptauli

Benteng Vredeburg ini pertama kali di bangun pada tahun 1760. Awal mula dibangun benteng ini menggunakan bahan cukup sederhana. Adapun tiangnya hanya terbuat dari batang pohon aren serta pohon kelapa sedangkan dindingnya terbuat dari campuran batu serta tanah dan untuk atapnya hanya terbuat dari bahan rumput ilalang.

Sejarah-Singkat-Benteng-Vredeburg-Yogyakarta-instagram-@ari_sakew
instagram-@ari_sakew

Akan tetapi pada tahun 1767 benteng Vrederburg dipugar serta  dibuat dengan kondisi lebih kokoh dari sebelumnya. Bangunannya terbuat dari batu serta bata, pembangunan Benteng ini diprakarsai oleh W.H. Van Ossenberg. Pada tahun 1787 pembangunan telah selesai kemudian pada akhirnya diberi nama “Rustenburg” yang memiliki arti “Benteng Peristirahatan”.

Baca juga  30 Tempat Wisata di Batu Malang TERBAIK 2018 yang Wajib Dikunjungi!
Diorama-Benteng-Vredeburg-Yogyakarta-instagram-@belladinaadisca
instagram-@belladinaadisca

Pada tahun 1867 Yogyakarta diguncang gempa cukup dahsyat sehingga banyak bangunan benteng ini menjadi rusak. Nah setelah bencana berlangsung, Benteng ini dibuat kembali dengan ukuran yang lebih besar serta tentunya lebih kokoh dengan nama baru “Benteng Vredeburg” yang memiliki arti “Benteng Perdamaian”.

Koleksi-Isi-Museum-Benteng-Vredeburg-Yogyakarta-instagram-@nazeela_21
instagram-@nazeela_21

Hingga pada tahun 1992, tepatnya di tanggal 23 November 1992, sesuai dengan SK Mendikbud RI Prof. Dr. Fuad Hasan No. 0475/0/1992 dengan resmi Benteng Vredeburg ditetapkan sebagai museum perjuangan Nasional.

Harga Tiket Masuk Benteng Vredeburg

Tiket-Masuk-Museum-Benteng-Vredeburg-Yogyakarta-instagram-@anggiebellia
instagram-@anggiebellia

Setelah mengetahui sejarahnya, kini saatnya bagi kita untuk mengetahui berapa harga tiket masuknya. Bagi sobat yang hendak berkunjung ke wisata sejarah ini tidak perlu khawatir mengenai besarnya biaya masuk. Biaya masuk Benteng Vrederburg ini terbilang sangat murah serta pada hari-hari tertentu kadang gratis.

Dengan biaya yang cukup murah sobat sudah bisa menikmati beragam diorama perjuangan, koleksi museum, bioskop gratis hingga pemandangan yang indah. Adapun harga tiket masuk untuk anak-anak Rp 2.000, untuk dewasa Rp 3.000 serta untuk wisatawan asing Rp 10.000 dan jika sobat membawa rombongan setidaknya 20 orang maka akan mendapatkan diskon sebesar 20 persen. Bagaimana murah bukan sobat?

Jam Operasional Benteng Vredeburg

Bagi Anda yang berencana untuk mengunjungi tempat ini, perlu untuk kalian ketahui bahwa Benteng Vredeburg hanya buka pada hari Selasa hingga Minggu mulai dari jam 07.30-16.00 WIB dan tutup di hari Senin.

Akses Lokasi Benteng Vredeburg

Lokasi-Benteng-Vredeburg-Yogyakarta-instagram-@kokosasongko49
instagram-@kokosasongko49

Untuk lokasinya sangat mudah ditemukan, Benteng Vrederburg ini terletak di jantung kota Yogyakarta, yakni di Jalan Margo Mulyo No.6, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan. Tepatnya di titik nol kilometer atau yang kerap disebut dengan Malioboro. Untuk lokasinya berada tepat di depan Istana Presiden Republik Indonesia di Yogyakarta.

Baca juga  Goa Jomblang, Destinasi Wisata Tersembunyi di Gunungkidul Jogja

Sobat bisa menemukan Benteng Vrederburg ini di ujung jalan Malioboro tepatnya di depan kantor pos besar Yogyakarta. Lokasinya cukup mudah untuk ditemukan. Untuk itu ketika sedang jalan-jalan ke Malioboro maka bisa langsung mampir ke Benteng Vredeburg.

Bagaimana sobat sudah siap mencicipi wisata sejarah belum?

Tags: