Candi Sambisari – Sejarah, Harga Tiket Masuk & Spot Foto Terbaik

Rate this post

Berbicara mengenai candi, maka Yogyakarta memiliki segudang candi yang cantik dan menarik untuk dikunjungi. Bahkan salah satu Candi terbesar yang ada di Indonesia serta pernah masuk dalam tujuh keajabaiban dunia juga berada di Yogyakarta.

Namun kali ini kami akan mengajak sobat traveller semuanya untuk melihat indahnya candi yang tersembunyi, Candi Sambisari namanya. Kenapa destinasi.info mengatakan candi ini sebagai candi tersembunyi?

Candi Sambisari ini dikatakan sebagai Candi tersembunyi dikarenakan tempatnya yang memang unik. Jika selama ini kita kerap menjumpai bangunan candi di atas ketinggian, namun berbeda dengan Candi yang satu ini, dimana letaknya kurang lebih 6,5 meter lebih rendah dari permukaan tanah sekitar.

Gambar-Candi-Sambisari-Sleman-Instagram-@yoga.efendi
Gambar Candi Sambisari Sleman – Instagram-@yoga.efendi

Asal Usul dan Sejarah Candi Sambisari

Candi Sambisari adalah candi yang dibangun sekitar abad ke-9 ketika masa pemerintahan Raja Rakai Garung. Candi agama Hindu ini juga sempat terkubur oleh material vulkanik gunung Merapi, hingga akhirnya pada tahun 1996 seorang petani tidak sengaja menemukan Candi Sambisari ini lagi.

Asal-Usul-Candi-Sambisari-Sleman-Jogja-Instagram-@ahmedpamungkas
Instagram-@ahmedpamungkas

Setelah ditemukan maka dilakukanlah proses ekskavasi dan akhirnya bangunan kokoh tersebut kini nampak megah dan anggun kembali.

Candi Sambisari terdiri dari komplek candi induk serta 3 candi perwara atau candi yang berfungsi sebagai candi pendamping yang dikelilingi pagar batu sebanyak 2 lapis.

Mitos-Candi-Sambisari-Sleman-Jogja-Instagram-@okkimurdani
Instagram-@okkimurdani

Ketika hendak memasuki area wisata maka pegunjung harus memasuki pintu masuk sebanyak 4 lapis. Jika dilihat secara sekilas Candi Sambisari ini mirip dengan kastil batu yang berada di tengah taman.

Hal Menarik Candi Sambisari

Hal menarik pertama yang akan sobat dapatkan ketika berkunjung ke Candi sambisari ini adalah menyusuri jejak sejarah masa lampau serta mitos mengenai tempat ini. Di dalam kompleks candi ini, sobat wisatawan bisa menemukan relung-relung candi diantaranya arca serta yoni.

Baca juga  Goa Jomblang, Destinasi Wisata Tersembunyi di Gunungkidul Jogja
Spot-Foto-Candi-Sambisari-Sleman-Jogja-Instagram-@mabruroh_lia
Instagram-@mabruroh_lia
Anak-Tangga-Candi-Sambisari-Sleman-Jogja-Instagram-@rayya_neira
Instagram-@rayya_neira

Selain itu sobat juga bisa datang ke museum mini atau ruang informasi. Di tempat ini sobat bisa melihat lingkungan sawah milik petani Karyowinangung sebelumn akhirnya digali saat ditemukannya candi ini kembali.

Bagi sobat yang suka dunia fotografi maka Candi Sambisari bisa menjadi salah satu tempat yang cukup menarik untuk menangkap gambar.

Komplek candi Sambisari menawarkan pesona tersendiri, pasalnya bukan hanya tediri dari bangunan saja, melainkan juga terdapat rumput yang menghampar hijau serta taman yang rapi disekelilingnya.

Sejarah-Candi-Sambisari-Sleman-Jogja-Instagram-@igedepancagautama
Instagram-@igedepancagautama
Candi-Sambisari-Kabupaten-Sleman-Daerah-Istimewa-Yogyakarta-Instagram-@sillatransport
Instagram-@sillatransport

Jika ingin mendapatkan gambar yang lebih menarik lagi sobat bisa datang ketika musim penghujan tiba. Saat musim penghukan semua tanaman akan nampak hijau nan segar sehingga backgroundnya sangat pas digunakan untuk sesi foto. Silahkan cari tema serta angel yang terbaik.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Candi Sambisari

Harga tiket masuk Candi Sambisari ini Rp 5.000 per orang untuk wisatawan lokal, sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan HTM Rp 10.000 per orangnya.

Harga-Tiket-Masuk-Candi-Sambisari-Sleman-Jogja-Instagram-@ahmedpamungkas
Instagram-@ahmedpamungkas

Kemudian untuk parkir kendaraan bermotor roda dua Rp 2.000 setiap kendaraan dan parkir kendaraan roda empat Rp 5.000 setiap kendaraan. Terkait dengan jam bukanya, candi Sambisari buka setiap hari dari jam 08.00 hingga jam 16.000.

Makalah-Candi-Sambisari-Sleman-Jogja-Instagram-@ahmedpamungkas
Instagram-@ahmedpamungkas

Terdapat gazebo di sekitar area candi yang dapat digunakan untuk beristirahat setelah lelah naik turun tangga dan mengelilingi kompleks Candi Sambisari. Selain gazebo, juga tersedia fasilitas lainnya seperti toilet, musholla dan juga beberapa warung milik warga sekitar.

Alamat dan Akses Lokasi Candi Sambisari

Candi Sambisari ini terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak Candi Sambisari dari Kota Yogyakarta kurang lebih 12 Km.

Baca juga  15 Tempat Wisata di Lombok TERBAIK 2018 yang Wajib Dikunjungi!
Letak-Candi-Sambisari-Sleman-Jogja-Instagram-@ahmedpamungkas
Instagram-@ahmedpamungkas

Untuk mencapai Candi Sambisari maka sobat bisa menyusuri Jalan Raya Jogja-Solo hingga sampai di pertigaan Bandara Adi Sutjipto maka silahkan lurus terus.

Begitu menjumpai pertigaan dengan penanda Gedung Balai Diklat Keuangan Yogyakarta, silahkan belok kiri menuju utara. Kurang lebih 10 menit perjalanan lagi maka sobat akan menemukan Candi Sambisari yang terletak di area perkampungan warga. Atau sobat bisa melihat lokasi Candi Sambisari di Google Maps berikut ini.

Bagaimana menarik bukan menikmati situs bersejarah yang tersembunyi? Yuk langsung saja ajak teman-teman sobat semuanya.