Air Terjun Bidadari, “EKSOTIS TERSEMBUNYI” di Desa Karang Dalam Lahat

Rate this post

Air Terjun Bidadari Desa Karang Dalam Lahat ~ Selain terkenal akan tambang batu baranya, Kabupaten Lahat menyimpan begitu banyak potensi objek wisata alam baik yang sudah terkenal maupun juga yang masih jarang dijamah wisatawan dikarenakan tempatnya tersembunyi di pelosok hutan.

Dan salah satu rekomendasi destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi ketika berlibur di Kota Lahat adalah Air Terjun Bidadari.

Sejarah Asal Muasal Nama Air Terjun Bidadari

Nama Air Terjun Bidadari sendiri berasal dari sebuah legenda yang sering diceritakan oleh warga sekitar, yang konon air terjun ini merupakan tempat pemandian 7 bidadari dari kahyangan.

Lokasi Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari atau yang dikenal dengan nama lainnya Air Terjun Ayek Asam adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Selatan yang lokasinya berada di tengah hutan kawasan Kabupaten Lahat, tepatnya di Desa Karang Alam, Pulau Pinang.

Yang unik dan menarik dari Air Terjun Bidadari dengan ketinggian 30 meter ini yaitu terdapat 7 tingkatan puncak air terjun yang disertai dengan 3 kolam pemandian.

Lokasinya yang tersembunyi di tengah hutan dan masih jarang dijamah oleh wisatawan membuat kebersihan keasrian tempat ini masih sangat terjaga.

air-terjun-bidadari-kabupaten-lahat-sumatera-selatan-indonesia
Air Terjun Bidadari, Kabupaten Lahat

Rute Menuju Air Terjun Bidadari

Untuk dapat mencapai Air Terjun Bidadari ini, kita harus menempuh perjalanan sekitar 16 kilometer dari Kota Lahat menuju Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang. Setelah sampai di desa Karang Dalam, kita dapat menitipkan kendaraan di rumah warga sekitar untuk melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Sebelum meneruskan perjalanan pastikan untuk membawa serta kantong plastik untuk menyimpan sampah, karena warga setempat sangat menjaga kebersihan di sekitar air terjun bidadari tersebut.

Baca juga  32 Tempat Wisata di Sumatera Utara TERBAIK 2018 yang Wajib Dikunjungi!

Membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk mencapai Air Terjun Bidadari dimana kita harus melewati perjalanan yang cukup melelahkan mulai dari melewati perkebunan kopi, menyusuri hutan dan aliran sungai yang akan mengantar kita sampai ke Air Terjun Bidadari tersebut.

Walaupun membutuhkan sedikit perjuangan untuk bisa sampai ke curup ini, namun semua rasa lelah tersebut akan terbayarkan dengan keindahan dan pesona dari Air Terjun Bidadari.

Ditambah lagi, suasananya yang sangat sejuk disertai suara gemuruh air yang jatuh dari atas akan membuat tubuh terasa rileks dengan berendam di kolam pemandian atau menikmati suasana sekitar.

Tak jauh dari lokasi Air Terjun Bidadari, kita dapat menemukan 3 air terjun lainnya yang memiliki ketinggian bervariasi dengan menyusuri aliran sungai dari tempat ini.

Adapun nama nama air terjun tersebut yakni Air Terjun Naga yang berketinggian 10 meter, Air Terjun Sumbing yang berketinggian 35 meter dan Air Terjun Bujang Gadis yang berketinggian 10 meter. Masing-masing curup tersebut memiliki pemandangan yang juga tak kalah indahnya dari Air Terjun Bidadari.

Baca juga : Daftar Tempat Wisata di Sumatera Utara

Itulah tadi informasi mengenai Air Terjun Bidadari yang merupakan satu dari 4 air terjun yang ada di Desa Karang Dalam, Pulau Pinang. Masih ada banyak lagi destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi di Kabupaten Lahat yang nantinya akan kami ulas satu persatu di artikel berikutnya.

Nantikan pula informasi lain seputar rekomendasi destinasi wisata terbaik untuk mengisi waktu liburan kalian di blog destinasi.info ini ya!

Tags: